Langsung ke konten utama

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Data, Ukuran, Generasi, Tujuan Pembuatan, Prosessor, Kemampuan, Dan Bidang Masalah


KLASIFIKASI KOMPUTER
Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah
1. Komputer Analog, digunakan mengolah data secara kualitatif
Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU
2. Komputer Digital, digunakan mengolah data secara kuantitatif.
Contoh : Komputer yang kebanyakan kita kenal.
3. Komputer Hibrid, kombinasi dari analog dan digital.
Contoh : Facsimile
KLASIFIKASI KOMPUTER
Berdasarkan Ukuran
1. Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang.
Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll
2. Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga.
Contoh : komputer Alfa, dll
3. Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar.
Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
  1. Mainframe, komputer dengan kemampuan processor sangat besar.
Berdasarkan Generasi
1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
2. Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit)
4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC)

Berdasarkan Tujuan Pembuatan
1. General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan umum.
Contoh : PC, Notebook, dll
2. Special Purpose, komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus.
Contoh : komputer khusus untuk bermain catur.`


Klasifikasi Komputer Berdasarkan Processor nya

1. Mainframe
adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai,
2. Mini komputer 
adalah bentuk mini dari komputer mainframe. kalau mainframe memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal.
3. Personal Computer
komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu atau lebih pemakaian program apilkasi pada saat tertentu
Berdasarkan Kemampuan Komputer 

a. Small Scale Computer
· Disebut small scale mainframe computer
· Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB
· Dapat menangani puluhan terminal computer yang terpisah dari pusat computerb. Medium Scale Computer
· Disebut medium scale mainframe computer
· Kapasitas memori antara 512KB s/d 8 Mb
· Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat computerc. Large Scale Computer
· Disebut large scale mainframe computer atau mainframe computer
· Bentuknya besar
· Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB
· Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing, yaitu pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan.
Berdasarkan Ukuran Fisik

a. Komputer mini (Mini Computer)
· Kapasitas memori antara 8 MB s/d 128 MB
· Menggunakan register 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit
· Bersifat multi user, yaitu sebuah komputer mini dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai
b. Komputer mikro (Micro Computer)
· Disebut personal computer (PC)
· Kapasitas memori 16 KB s/d 1 MB
· Menggunakan register 8 bit, 16 bit, dan 32 bit
· Umumnya di gunakan untuk single user

Berdasarkan Bidang Masalah

 
a. Special Purpose Computer
Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukkan dalam komputer ini, misalnya komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.
b. General Purpose Computer
Komputer jenis ini dapat menyelesaikan bermacam-macam masalah. Komputer yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog, namun yang umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnis


PERKEMBANGAN HARDWARE KOMPUTER

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data (proses), dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data sendiri adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Untuk penjelasan tentang bagaimana suatu data diolah dalam sistem komputer mungkin sudah tidak ada masalah karena sudah dipelajari pada mata kuliah Pengantar Ilmu Komputer dan Komunikasi data pada Semester I dan Semester III namun pada dasarnya data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat
elektronik, yaitu komputer.


SISTEM KOMPUTER

Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka diperlukan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.
Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Resistor,Induktor,dan Kapasitor

A.RESISTOR Resistor merupakan komponen elektronika yang berfungsi untuk membatasi arus listrik dan juga digunakan sebagai pembagi tegangan listrik, atau resistor dapat dikatakan juga sebagai penentu besarnya suatu arus dan tegangan listrik pada suatu rangkaian elektronika. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa resistor berfungsi untuk menahan arus listrik sehingga setiap resistor memiliki nilai tahanan (resistansi) tertentu. Satuan besarnya nilai tahanan suatu resistor adalah Ohm (Ω). Ohm diambil dari seseorang bernama Georg Simon Ohm yang berkebangsaan Jerman, dimana dia adalah fisikawan penemu hubungan antara arus, tegangan dan tahanan pada suatu rangkaian listrik yang kemudian dikenal sebagai hukum Ohm. 1.2 Simbol Resistor Simbol resistor pada suatu rangkaian elektronika pada umumnya dibagi menjadi dua jenis yaitu simbol Amerika dan simbol Eropa, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut. Simbol Eropa ditunjukkan oleh R1 sedangkan R2 merupakan simbol Amerika.

Macam-Macam Persyaratan Hardware Untuk Sistem Operasi

Langsung saja......... sesuai judulx SPESIFIKASI MINIMUM WINDOWS XP Persyaratan minimum hardware pada Windows XP Professional meliputi:  • Prosesor Pentium 233-megahertz (MHz) atau yang lebih cepat (disarankan 300 MHz) • RAM sekurangnya 64 megabyte (MB) (disarankan 128 MB) • Ruang hard disk sekurangnya 1.5 gigabyte (GB)  • Memiliki Drive CD-ROM atau DVD-ROM • Keyboard dan Mouse Microsoft atau beberapa perangkat penunjuk kompatibel lainnya • Adaptor video dan monitor dengan resolusi Super VGA (800 x 600) atau yang lebih tinggi • PC mendukung Adapter Card • PC mendukung Speaker atau headphone SPESIFIKASI MINIMUM WINDOWS 7 Spesifikasi minimum hardware yang harus dipenuhi sebelum menginstall windows 7 pada sebuah desktop PC ata notebook adalah sebagai berikut  : Processor Intel dengan kecepatan 1 GHz (32 bit atau 64 bit). RAM minimal 1 GB untuk 32 bit dan 2 GB untuk 64 bit. Space hard disk yang masih tersisa minimal 16 GB untuk 32 bit dan